Jumat, 04 Februari 2011

Apakah Arti Motivasi ?

bahasa latin yaitu kata movere yang berarti bergerak. Dalam konteks sekarang, motivasi dapat didefinisikan sebagai suatu proses psikologi yang menghasilkan suatu intensitas, arah, dan ketekunan individual dalam usaha untuk mencapai satu tujuan.
teori hierarki kebutuhan dari motivasi yang sekarang menjadi terkenal.
kebutuhan dasar, yaitu:
  • udara untuk bertahan hidup.
  • keselamatan dan perlindungan terhadap kerugian fisik dan emosional.
  • Cinta. Keinginan untuk dicintai dan mencintai. Mengandung kebutuhan akan kasih sayang dan rasa memiliki.
  • Penghargaan. Kebutuhan akan reputasi, kebanggaan, dan pengakuan dari orang lain. Juga mengandung kebutuhan akan kepercayaan diri dan kekuatan.
  • psikologi motivasi yang lain, Clayton Alderfer mengembangkan sebuah teori alternatif dari kebutuhan manusia pada akhir 1960an.  lingkungan sosialnya, kebutuhan-kebutuhan pertumbuhan (Growth Needs) yang meliputi kebutuhan akan tumbuh sebagai manusia pada umumnya dan menggunakan kemampuannya untuk mencapai potensi yang penuh.
    perilaku yang termotivasi mengikuti suatu hierarki yang agak serupa dengan hierarki yang dikemukakan oleh Maslow, terdapat perbedaan penting.
    individu akan menjadi frustasi, mundur ke level yang lebih rendah.
    hubungan antara kebutuhan dengan perilaku sejak tahun 1940an. Ia membagi kebutuhan menjadi tiga jenis, yaitu prestasi (achievement),  kekuasaan (power), dan afilasi (affilation). Penjelasannya adalah sebagai berikut:
    • sukses) atau keinginan menyelesaikan suatu kesulitan.
    • sosial.
    • mengajar, atau mendorong seseorang untuk sukses.
    model konseptual yang menjelaskan bagaimana psikologi motivasi mempengaruhi perilaku dan kemampuan bekerja. Ia menerangkan bahwa individual inputs  dan job context  merupakan dua kategori kunci dari faktor yang mempengaruhi motivasi.
    Performance seseorang, pada akhirnya akan dipengaruhi oleh motivated behavior

Tidak ada komentar:

Posting Komentar